Minggu, 09 Desember 2018

Manfaat buah belimbing untuk keluarga

Buah belimbing (Averrhoa carambola) merupakan buah tropis berwarna kuning keemasan dengan bentuk bintang dan memiliki rasa yang khas. Tidak ribet dalam mengkonsumsi belimbing, tak perlu dikupas. Cukup dicuci bersih dan dipotong sesuai selera, lalu bisa dinikmati. Bisa dibuat jus, salad atau dinikmati begitu saja. 




Selain rasa dan bentuk yang khas, belimbing memiliki segudang manfaat. Salah satunya karena sifat antioksidannya, mengkonsumsi buah ini dapat membantu menghilangkan racun dari tubuh, membantu sistem kekebalan tubuh dalam menjaga dari risiko terkena kanker.
Meminum atau memakan buah belimbing dan menelannya secara perlahan dapat mencegah dan mengatasi infeksi mulut dan tenggorokan. 
Ada juga manfaat dari campuran jus belimbing dan madu juga dapat membantu mencegah dan mengatasi kencing batu.
Fungsi utama dari jus tersebut yaitu:- Menurunkan tekanan darah- Mencegah dan mengobati sariawan- Mengencerkan dahak.

Waah banyak sekali ya manfaat belimbing buat kita. 

Tanaman buah belimbing dapat tumbuh dengan optimal pada dataran rendah dengan ketinggian maksimal 500 m diatas permukaan air laut. Belimbing menyukai tempat terbuka dan mendapatkan asupan sinar matahari yang memadai, tetapi masih toleran terhadap naungan dengan intensitas penyinaran 45 – 50 %. Untuk pertumbuhan optimal dibutuhkan keadaan angin yang tidak terlalu kencang karena dapat menyebabakan gugurnya bunga dan bunga. Dalam keadaan normal pohon belimbing mampu mencapai tinggi hingga 5 meter dan dapat diperpendek dengan melakukan pemangkasan. Pembudidayaan tanaman buah belimbing di lahan atau pekarangan dapat mulai produkstif pada umur 2-5 tahunan, sedangkan pada pembudidayaan di dalam pot, tanaman ini dapat mulai berbunga dan berbuah pada umur 6-8 bulan. Tidak heran jika belimbing manis cocok di tanaman di lahan pekarangan.


#SGMEksplor
#GenerasiMaju
#MombassadorSGMEksplor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pond's Pencerah Wajah Terbaik

Bismillahirrahmanirrahiim... Assalamualaikum wr.wb. Diawal kata aku mau perkenalkan diri dulu nih, nama saya Nurfitriyanti tapi biasa dipa...