Rabu, 23 Januari 2019

Manfaat Buah Pepaya

Pepaya merupakan salah satu jenis buah yang dengan mudah bisa kita jumpai di negeri ini. Buah yang satu ini sangat mudah tumbuh di daerah tropis. Pepaya memiliki warna daging buah orange serta rasa yang sangat manis. Selain itu, tekstur daging buah yang lembut menjadikan buah yang satu ini bisa dikonsumsi siapa saja termasuk bayi dan anak-anak. Lalu apa saja khasiat buah pepaya untuk anak?
Dibalik rasanya yang manis, ternyata buah pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk kesehatan anak. Salah satu kandungan nutrisi pada buah pepaya yaitu betakaroten yang menjadikan warna orange pada daging buah yang sudah matang. Nah, betakaroten tersebut berguna sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem imun dan mencegah radikal bebas.

Beberapa manfaatnya yaitu,
1. Sistem pencernaan lancar
Serat pepaya membantu dalam proses melancarkan pencernaan. Memberikan pepaya pada bayi membantu menjaga kelancaran BAB pada bayi. Tidak sedikit bayi yang mengalami gangguan pencernaan dengan keadaan klinis sulit BAB sehingga membuat bayi menjadi kembung dan sakit perut. Tidak heran pada keadaan tersebut tentu akan membuat bayi menjadi rewel. Komplikasi yang dapat terjadi adalah adanya infeksi pada usus akibat tidak lancarnya pencernaan akibat tertumpuknya kotoran dalam usus. Oleh karenanya diperlukan pemberian buah ini dengan memperhatikan cara pemberiannya yang diluunakkan serta di kukus. Selain itu pemberian pepaya harus dilakukan mulai dari sedikit-sedkit sebagai perkenalan pada pencernaan bayi. 
Manfaat melancarkan pencernaan dapat dirasakan tidak hanya bayi, tetapi untuk semua anak termasuk dewasa.

2. Imunitas tubuh meningkat
Jangan remehkan kandungan vitamin di dalam pepaya. Buah ini kaya vitamin C yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, walau harganya murah.

3. Atasi ruam

Selain dikonsumsi, pepaya juga bisa dioleskan ke kulit untuk mengatasi ruam kulit. Sensasi dingin buah pepaya membantu meredakan ruam.

4. Cegah masalah usus

Kandungan antioksidan serta serat dalam pepaya secara efektif mampu mencegah masalah di usus. Selain itu, kerja sistem pencernaan lebih baik. 

5. Atasi konstipasi

Jika anak tidak bisa buang air besar, coba berikan dua sendok kerokan pepaya lembut padanya. Pepaya bisa bekerja seperti obat pencahar pada saluran pencernaan.

Bila bayi di atas 6bulan cocok diberikan pepaya porsi kecil, orangtua bisa melanjutkan pemberian pepaya. Semakin usia bayi bertambah, porsinya bisa ditambah.




#SGMEksplor
#GenerasiMaju
#MombassadorSGMEksplor
@akuanaksgm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pond's Pencerah Wajah Terbaik

Bismillahirrahmanirrahiim... Assalamualaikum wr.wb. Diawal kata aku mau perkenalkan diri dulu nih, nama saya Nurfitriyanti tapi biasa dipa...