Jumat, 08 Februari 2019

Manfaat Telur Untuk Sikecil

Apakah si kecil lebih menyukai telur dibandingkan lauk pauk lainnya? Atau apakah saat ini bunda sedang bimbang mengenai jumlah telur yang sebaiknya dikonsumsi oleh anak setiap hari? 

Tak perlu khawatir, karena makan telur setiap hari ternyata bagus untuk anak.

Namun sebaiknya jangan sering-sering mengonsumsi telur yang digoreng, tapi bisa divariasikan dengan membuat telur rebus atau dicampurkan dengan bahan makanan lain misalnya dalam sayur sop, dicampur dengan bahan lain lalu dipanggang atau bisa memasukkan putih telur ketika membuat cemilan agar-agar untuk anak.

Kandungan gizi dari sebutir telur terbilang cukup komplit karena mengandung protein hewani yang baik, vitamin A, asam amino esensial, vitamin D, vitamin B12 serta zat besi, dan juga kandungan kolesterol di bagian kuningnya.

Protein Penting Lain untuk Anak

Seorang Dokter mengungkapkan prinsipnya dalam memberikan gizi yang seimbang dan harus lengkap untuk anak yaitu mengandung karbohidrat sekitar 50-60 persen dari jumlah kalori, protein sebesar 10-20 persen dan juga lemak sebesar 20-30 persen.

Jenis makanan karbohidrat yang dipilih sebaiknya yang kompleks sehingga penyerapannya bisa perlahan seperti nasi merah atau roti gandum. Sedangkan konsumsi karbohidrat sederhana seperti gula pasir sebaiknya dihindari atau dibatasi karena langsung diserap tubuh dan jika terus menerus anak bisa jadi diabetes saat remaja.

Sedangkan untuk cemilan, berikan makanan ringan yang sehat, misalnya membuat roti gandum yang ditambah sayuran di dalamnya, membuat cake atau kue dari oatmeal atau bisa juga memberikan bubur kacang hijau.

Sumber Lemak


Telur memiliki lemak jenuh dan tidak jenuh yang seimbang sehingga cocok sekali untuk pertumbuhan tubuh.

Sumber Vitamin
Telur memiliki vitamin yang banyak, terdapat Vitamin A, Vitamin  B-kompleks, D, E, K. setiap vitamin memiliki fungsinya masing masing.

Sumber Mineral

Sumber Omega 3

#SGMEksplor
#GenerasiMaju
#MombassadorSGMEksplor
@akuanaksgm



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pond's Pencerah Wajah Terbaik

Bismillahirrahmanirrahiim... Assalamualaikum wr.wb. Diawal kata aku mau perkenalkan diri dulu nih, nama saya Nurfitriyanti tapi biasa dipa...