Jumat, 01 Februari 2019

Bermain peran dapat menumbuhkan cita-cita

Saat ini Shalman sedang menjadi dokter, dia mengobati boneka beruangnya yang sedang sakit. 
Katanya Shalman sedih...hihii lucu ya tingkah anak kecil. Terkadang menjadi penghibur saat kita sedang sedih dan pembawa kebahagiaan walau setelah kita lelah bekerja.

Bermain cita-cita dengan si kecil memang menjadi suatu permainan yang mengasyikan. Walau terkadang berubah-ubah, sebentar jadi dokter, polisi atau jadi koki. Gemess banget rasanya dan bangga karena kuta melihat ekspresi si kecil mengikuti profesi yang dia perankan.

Kita sebagai orang tua harus mensupport dan menemukan juga mengenali bakat serta potensi anak. Setelah itu, baru asah dan arahkan anak-anak sesuai bakat dan potensi anak tersebut.


Bermain peran dapat mendorong tumbuhnya cita-cita anak. Gunakan waktu senggang untuk bermain peran bersama anak. 
Bermain dokter-dokteran memiliki beberapa manfaat untuk si kecil, lho. Apa aza? Yuk simak 😉
1. Merasakan pengalaman sebagai dokter sebenarnya bisa menjadi langkah awal pendorong untuk mencapai profesi impiannya. Jika anak terus memupuk keinginannya menjadi dokter, kepercayaan diri dan tekadnya akan terus bertambah.
2. Bermain dokter-dokteran akan membantu si kecil lebih nyaman saat harus berkunjung ke dokter sesungguhnya. Bunda dapat membiasakan hal tersebut dengan beberapa arahan saat bermain, misalnya dengan adegan membuka mulut pasien saat diperiksa, apa keluhan pasien, dan lain-lain. Anak akan menyadari bahwa dokter adalah teman, sehingga ia tidak perlu menangis ketakutan saat diperiksa. Minum obat pun akan jauh lebih mudah,dan si kecil menjadi lebih kooperatif saat harus dibersihkan lukanya.
3. Anak dapat mempelajari cara darurat menolong orang lain, lewat adegan mengobati luka, mengompres, dan mengukur suhu tubuh.
4. Bunda dapat membeli peralatan permainan dokter-dokteran, dan menjelaskan satu per satu fungsi dari alat tersebut. Anak akan terlatih kosakatanya saat harus bermain dengan aneka alat yang ada.
5. Menumbuhkan rasa empati anak terhadap orang sakit.

Nah, jangan ragu untuk menemani si kecil bermain dokter-dokteran ya bunda.
#GenerasiMaju 
#SGMEksplor
#MombassadorSGMEksplor
@akuanaksgm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pond's Pencerah Wajah Terbaik

Bismillahirrahmanirrahiim... Assalamualaikum wr.wb. Diawal kata aku mau perkenalkan diri dulu nih, nama saya Nurfitriyanti tapi biasa dipa...