Rabu, 01 Mei 2019

Bun, Ini Manfaat Mengajak Si Kecil Berbelanja

Ekspresi Shalman saat diajak berbelanja di supermarket

Biasanya di awal bulan, bunda suka belanja bulanan kan?
Yuk libatkan si kecil agar si kecil tahu manfaat berbelanja. 
Nah....mumpung masih awal bulan, ga ada salahnya kita coba mengajak si kecil ke supermarket.
Bunda jangan hanya memikirkan betapa nantinya akan rewel atau nanti si kecil mau ini da itu, namun bunda perlu tahu di usia balita adalah saat si kecil aktif bereksplorasi dan belajar mengenal dunia melalui alat indranya. Oleh sebab itu, bunda dianjurkan melibatkan si kecil dalam aktivitas sehari-hari yang membuatnya belajar banyak hal sekaligus. Salah satunya, berbelanja ke supermarket. 
Tak hanya menyenangkan untuk si kecil, berbelanja bersama juga memiliki berbagai manfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil lho bun. 

Berikut beberapa di antaranya :

1. Si Kecil Belajar Mengenal Huruf, Angka, dan Warna
Momen berbelanja bersama si kecil dapat bunda manfaatkan untuk mengajari ia mengenal huruf, angka, dan warna. Caranya mudah koq, bunda bisa melakukannya dengan menunjuk aneka simbol yang tertera pada kemasan barang yang dibeli yang dijumpai di supermarket.
Contohnya  saat membeli sayuran atau buah-buahan bunda bisa menyuruh si kecil untuk menyebutkan nama-nama dan warna dari buah dan sayur itu sendiri.

2. Si Kecil Belajar Mengenali Aneka Sumber Nutrisi Alami
Untuk menyelipkan percakapan seputar kandungan nutrisi pada sayur dan buah-buahan, sebagai contohnya seperti ini, misal saat hendak membeli jeruk bunda bisa berkata, “Nak, ini namanya wortel, warnanya oranye. Bunda membelinya untukmu karena sayur ini mengandung Vitamin A. Vitamin A bisa membuat mata selalu sehat. Kalau mata kamu sehat, kan nantinya melihat tanpa kacamata dan nyaman".Di samping menambah pengetahuan si kecil soal aneka sumber nutrisi alami, percakapan semacam itu juga dapat membuatnya tak lagi takut pada sayur dan buah lho, bun

3. Si Kecil Bersosialisaai
Dengan bunda ajak ia pergi berbelanja, si kecil akan berinteraksi dengan banyak orang yang sebagian besar mungkin baru ia kenal atau temui.
Hal tersebut dapat mengasah kecerdasan interpersonal si kecil. Kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan anak untuk bersosialisasi dan memahami orang lain.

4. Momen Bonding
Belanja bersama si kecil merupakan salah satu cara bunda untuk bonding, apalagi jika bunda sebagai ibu bekerja yang tidak setiap saat dapat mendampingi si kecil. Dari kegiatan tersebut, bunda sekaligus mengajarkan kepada si kecil bahwa dalam hidup harus memilih, bertanggung jawab pada pilihan, dan hemat.
Sebaiknya mengajak si kecil belanja dalam kondisi tidak mengantuk, capek, ataupun lapar. Jika ia menangis karena memaksa dibelikan sesuatu, ajak ke tempat yang tenang lalu bicara dengan lembut.

Dan jangan lupa membeli SGM Eksplor untuk kebutuhan si kecil agar tumbuh kembangnya optimal.

Jika sedang berbelanja bersama si kecil....selalu awasi dia ya bun, jangan sampai ia terpisah karena terlalu asyik sendiri. Sampai di rumah, ajak si kecil untuk mencuci bersih tangan dan tubuhnya usai berbelanja agar tidak ada kuman dan bakteri yang menempel di tubuhnya. 
Selamat berbelanja bersama si kecil ya bun! 


#SGMEksplor
#GenerasiMaju
#MombassadorSGMEksplor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pond's Pencerah Wajah Terbaik

Bismillahirrahmanirrahiim... Assalamualaikum wr.wb. Diawal kata aku mau perkenalkan diri dulu nih, nama saya Nurfitriyanti tapi biasa dipa...