Minggu, 02 Juni 2019

Kebiasaan Baik Si Kecil Makan Sendiri

Salah satu ciri anak #GenerasiMaju yaitu MANDIRI.
Nah bunda, dengan membiarkan si kecil makan sendiri maka akan melatih kemandiriannya. Makan sendiri merupakan kegiatan dasar untuk membantu diri sendiri, sehingga nantinya anak akan dapat berkembang mandiri.

Selain itu makan dengan tangan si kecil itu sendiri memiliki manfaat sebagai berikut : 

1. Melatih motorik kasar
Saat si kecil dibiarkan makan sendiri, maka dia akan menggunakan tangannya untuk mengambil makanan kemudian memasukkan makann tersebut kedalam mulutnya. Dengan membiasakan si kecil makan sendiri secara tidak langsung akan melatih motorik kasarnya sehingga dia bisa lebih terampil.

2. Melatih Kemandirian

Semakin besar tentu saja anak dituntut untuk lebih mandiri. Terutama dalam hal makan. Akan sangat merepotkan jika sampai besar anak masih harus disuapi. Biasanya anak jadi cenderung malas makan jika gak disuapi. Padahal mungkin orang tuanya sibuk atau apa. Bisa-bisa malah anak jadi sakit karena sering gak makan karena gak ada yang nyuapin. Itulah mengapa dari balita sudah harus dibiasakan makan sendiri. Agar nantinya saat sudah besar terbiasa makan sendiri. Sehingga gak merepotkan orang tua lagi pula ini juga untuk kebaikan sang anak.

3. Melatih Keterampilan Makan

Anak yang sering disuapi akan sangat berbeda cara makannya dengan anak yang terbiasa makan sendiri. Anak yang terbiasa makan sendiri lebih terampil saat menggunakan alat makan. Hal ini karena sudah terbiasa menggunakan perlatan makan. Meski saat pertama kali makan sendiri akan sangat kacau. Tapi biarkan saja, lama kelamaan dia akan belajar sendiri bagaimana menggunakan perlatan makan yang bernar. 

4. Mengenalkan Macam-Macam Peralatan Makan

Kita perlu mengenalkan fungsi dan nama dari peralatan makan yang ada. Sehingga anak mengerti nama dan kegunaannya. Jadi saat sudah besar dia akan menggunakan perlatan makan dengan benar.

Untuk melengkapi nutrisinya, selalu berikan #SGMEksplor setiap hari agar tumbuh kembang si kecil optimal. #MombassadorSGMEksplor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pond's Pencerah Wajah Terbaik

Bismillahirrahmanirrahiim... Assalamualaikum wr.wb. Diawal kata aku mau perkenalkan diri dulu nih, nama saya Nurfitriyanti tapi biasa dipa...