Senin, 01 Juli 2019

Bolehkah Anak Laki-Laki Bermain Boneka?


Shalman bermain boneka hewan


Dear bunda,

Apakah bunda memiliki anak laki-laki?
Pernah ga sih merasa khawatir jika si kecil bermain boneka ? Kalo bunda merasa khawatir, saya juga. Pasalnya bermain boneka identik dengan permainan untuk anak perempuan. Khawatir jika anak laki-laki nantinya seperti perempuan. Dan kebetulan Shalman yang masih berusia 3 tahun sangat senang sekali bermain boneka berhubung kakaknya seorang perempuan yang telah lebih dulu memiliki mainan berupa boneka.

Namun bun, setelah baca beberapa sumber dari pakar dan mendengar pengalaman-pengalaman para bunda yang sama memiliki anak laki-laki akhirnya saya bisa bernafas lega dan kita ga perlu khawatir jika si kecil laki-laki bermain boneka asalkan sesuai batasannya. Karena anak usia seperti Shalman yang masih berusia 3 tahun memerlukan banyak stimulasi, jadi sah sah saja memberikan mainan boneka. Memainkan boneka itu banyak manfaatnya juga untuk anak lelaki. Misalnya mereka bisa bermain peran, menirukan suara -suara hewan yang dipegangnya. Bisa berimajinasi dan belajar menyayangi. Ia juga bisa melatih keterampilan sosialnya kala bermain boneka.

Anak lelaki bisa tetap main boneka pada usia tertentu. Ini bertujuan agar ia bisa mengeksplorasi segala yang ada di sekitarnya. Berikan saja boneka yang khusus untuk anak lelaki. Contohnya (di dalam foto) Shalman bermain boneka hewan seperti bebek, koala dan ada juga boneka berbentuk mobil. Saat si kecil main boneka sebaiknya tidak dilarang asal tak berlebihan. Ketika bermain dengan boneka umumnya si kecil akan mengajak bonekanya bicara. Bunda bisa melihatnya melatih imajinasi dan mengasah kemampuannya untuk berkomunikasi.
Dan nantinya si kecilpun akan memahami arti perbedaan gender, sehingga ia bisa memilih mainan yang pantas untuk ia mainkan. Tugas kita sebagai orang tua yaitu memantau dan mengarahkan.
Ketika anak bermain boneka, Bunda juga bisa memberikan perhatian lebih padanya. Berikan pendampingan selama ia bermain. Ini semua agar bunda lebih memahami kebutuhannya. Sempatkan bermain dengannya meski sebentar karena si kecil membutuhkan perhatian dari orangtuanya. 

Bantu penuhi kebutuhan gizi si Kecil dengan memberikannya #SGMEksplor dengan formula Complinutri, diformulasikan untuk membantu lengkapi kebutuhan gizi harian si Kecil secara tepat serta mendukung tumbuh kembang optimalnya agar ia menjadi anak #GenerasiMaju yang cerdas.


#MombassadorSGMEksplor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pond's Pencerah Wajah Terbaik

Bismillahirrahmanirrahiim... Assalamualaikum wr.wb. Diawal kata aku mau perkenalkan diri dulu nih, nama saya Nurfitriyanti tapi biasa dipa...