Selasa, 16 Juli 2019

Mengajak Si Kecil Membantu Pekerjaan Rumah

Shalman sedang membantu ibu mencabuti rumput liar

Saat bermain sepeda di halaman rumah, ternyata Shalman (usia 3tahun 7 bulan saat ini) diam-diam memperhatikan saya (ibunya) sedang mencabuti rumput liar yang tumbuh di depan rumah. Betapa kaget saat si kecil menghampiri dan berkata kalo dia mau membantuku membersihkan rumput liar tersebut. Terkadang Shalman membantu pekerjaan kecil lainnya seperti ikut menyapu atau membereskan mainannya sendiri.
Mencabut rumput liar salah satu contohnya akan mengajarkan si kecil agar tidak takut kotor dan nantinya si kecil akan peduli terhadap lingkungan sekitar. Dan kejadian....ketika Shalman mulai mencabuti rumput, dia melihat hewan- hewan kecil seperti cacing dan semut. Sikecil semakin mengenali makhluk hidup apa saja yang tinggal didalam tanah dan tinggal di halaman.

Setelah berkegiatan tersebut, Shabrina (kakak Shalman) sering juga menceritakan dongeng-dongeng hewan yang dilihat Shalman saat mencambuti rumput. Lalu mereka menggambarkan apa yang telah mereka lihat dan kerjakan.
Benar-benar double bahkan manfaatnya banyak sekali jika si kecil membantu pekerjaan kita.

Tanpa paksaan dan dengan senang hati Shalman sedikit demi sedikit ikut membantu pekerjaan rumah. Alhamdulillah ternyata tugas kita sebagai orang tua tidak dengan menyuruh tapi dengan memberikan dan untuk selalu menjadi contoh yang baik maka akan ditiru sikecil.

Sedari dini kita harus mengajarkan pentingnya kebersihan karena akan berpengaruh terhadap perilaku si kecil di masa depan.
Manfaat membersihkan lingkungan adalah agar kita pada umumnya dan si kecil khususnya dapat merasa nyaman dengan lingkungan yang bersih, terhindar dari penyakit, menjadi betah dan semangat beraktivitas.

Selain meringankan pekerjaan orang tua, si kecil juga bisa belajar mandiri di rumah. Tidak harus pekerjaan yang berat, lakukan pekerjaan sederhana seperti Shalman (di foto) :) .

Dan selalu diingat, selain memberikan stimulasi untuk tumbuh kembangnya si kecil juga membutuhkan nutrisi yang tepat untuk konsumsi sehari-harinya. Maka dari itu selalu berikan #SGMEksplor setiap hari untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil agar memiliki 5 potensi cerdas dan kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, supel, mandiri dan percaya diri dan menjadi #GenerasiMaju yang hebat.

#MombassadorSGMEksplor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pond's Pencerah Wajah Terbaik

Bismillahirrahmanirrahiim... Assalamualaikum wr.wb. Diawal kata aku mau perkenalkan diri dulu nih, nama saya Nurfitriyanti tapi biasa dipa...